Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Oke sahabat , kembali lagi .
Kaya kali ini akan memberikan tips - tips buat sobat - sobat sekalian tentang cara menghilangkan bau mulut secara alami .
Kita semua tentu tidak ingin bau yang tidak sedap keluar dari dalam mulut kita , apa lagi jika kita sedang berbicara di depan orang lain , tentu akan tidak mengenakan sekali .
Ini ada beberapa tips tentang cara menghilangkan bau mulut secara alami.
Langsung saja :
1. Biasakan menyikat gigi
Hindari bau mulut dengan membiasakan diri menyikat gigi, baik dengan atau tanpa pasta gigi setiap kali habis makan. Ini membuat sisa-sisa makanan yang sangat disukai bakteri akan hilang. Bersihkan sela-sela gigi, gusi, dan lidah anda dengan teliti. Bersihkan tumpukan kotoran yang mengeras dari
pinggir-pinggiran gusi.
2. Kumur-kumur atau gosok permukaan lidah
Berkumur-kumur sehabis makan untuk membilas sisa-sisa makanan. Anda bisa menggunakan cairan antiseptik pencuci mulut untuk mengurangi bau mulut. Atau, secara sederhana anda dapat menggosok permukaan lidah anda secara perlahan untuk menghilangkan air liur yang menumpuk di situ.
3. Minum air putih banyak-banyakMinumlah air putih banyak-banyak untuk mencegah air liur anda menumpuk di lidah dan tenggorokan. Ini akan mencegah bakteri berkumpul dalam rongga mulut anda.
4. Rawat gigi anda yang berlubang
Tips di atas mungkin bisa mengurangi bau mulut, tetapi tidak secara langsung mengatasi penyebabnya. Untuk itu anda harus mencari penyebab bau mulut dan berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Rawatlah gigi anda yang rusak. Tamballah lubang gigi anda. Bila perlu tutuplah sela-sela gigi yang bisa menjadi tempat sisa makanan menumpuk.
5. Obati infeksi gusi dan gigi.
Segera obati gusi anda yang luka sebelum menjadi infeksi yang parah. Bila perlu cabut gigi anda yang bermasalah. Yang paling baik memang menyingkirkan sumber masalah bau mulut anda. Namun demi hasil yang baik, anda harus meminta jasa perawatan dari ahlinya, yaitu dokter gigi.
6. Cegahlah konstipasi
Salah satu penyebab bau mulut adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan sulit buang air besar, atau biasa disebut konstipasi. Untuk mengatasi konstipasi, banyak-banyaklah makan makanan yang berserat, air putih dan olahraga yang teratur.
7. Mengkonsumsi Yogurt tanpa gulaPara periset yang memberikan 6 ons yogurt yang tidak mengandung gula kepada penderita halitosis atau bau mulut setiap hari selama 6 minggu menemukan bahwa 80% diantaranya melaporkan memiliki nafas yang lebih baik. Bakteri baik di dalam yogurt melindungi lidah sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak dapat tumbuh di sana.
8. Meminum Teh Hijau
Suatu penelitian terbaru menunjukkan teh hijau membilas senyawa-senyawa sulphur penyebab bau di dalam mulut. Minumlah teh Hijau tanpa gula, karena gula dapat menjadi medium yang baik bagi pertumbuhan bakteri. 
9. Mengunyah Permen Karet 
Mengunyah permen karet ternyata juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bau mulut anda. Jika selama ini anda selalu makan permen manis setelah makan, maka segera gantikan kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet. Meskipun permen manis dapat membuat mulut anda terasa segar, namun efek segar tersebut hanya berlangsung sementara karena permen manis justru dapat membuat mulut anda kering. Sedangkan mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di mulut anda sehingga mulut tidak kering. Selain itu, permen karet juga bisa menjadi pembersih gigi.
10. Mengkonsumsi Buah-Buahan
Mengkonsumsi buah yang kaya akan air dan berserat tinggi seperti apel dan pir ternyata sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Hal tersebut dikerenakan kedua buah tersebut dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mulut tidak menjadi kering. Buah yang berserat tinggi juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami bagi gigi. Selain apel dan pir, buah lemon dan jambu biji juga cukup ampuh untuk mengusir bau mulut yang tidak sedap.
11.Berkumur Dengan Antiseptik
Menggosok gigi dua kali sehari memang tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut kita. Untuk itu, usahakan untuk selalu berkumur dengan cairan antiseptik (obat kumur) setelah gosok gigi. Hal ini akan dilakukan agar mulut kita selalu terbebas dari bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain dengan obat kumur, berkumur dengan air garam juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut.
12. Teh Hijau dan Daun Sirih
Daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Untuk daun sirih, anda dapat merebus beberapa helai daunnya lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.
13. Hindari Makanan Berbau Menyengat
Makanan yang anda konsumsi juga ikut mempengaruhi bau mulut anda. Untuk itu, jika ingin mulut terhindar dari bau yang tidak sedap, kita harus menjauhi makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, petai, dan durian.
14. Makan Keju
Kandungan kalsium dan mineral fosfat yang cukup tinggi dalam keju ternyata dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut kita tidak akan terasa kering. Selain itu, keju juga bisa mencegah timbulnya karang gigi.
15. Menjaga Kesehatan Mulut
Hal ini dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi setelah makan, menggunakan obat kumur, sering mengkonsumsi air putih, serta jangan lupa untuk menggunakan pembersih lidah.
16. Hindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol memang merupakan sumber penyakit. Selain dapat menimbulkan bau mulut, rokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi, flek gigi, bahkan kanker mulut.

Tips mengatasi bau mulut secara Alami ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah cara mengatasi bau mulut ini harus di sesuaikan dengan faktor penyebab bau mulut itu sendiri. Artinya, yang pertama perlu dilakukan sebelum dilakukan pengobatan adalah mengetahui penyebabnya.
Untuk tau Faktor Penyebab bau mulut , silahkan Lihat disini Faktor Penyebab Bau Mulut
Demikian Posting saya kali ini ,Semoga Bermanfaat .

Facebook CommentsShowHide

0 komentar