@Wifi.id Konektifitas Internetku yang handal



Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam semuanya, hehe saya ucapakan semuanya aja karena bisa saja orang membaca ini di waktu yang berbeda.
Ya, sebelum memulai alangkah baiknya kita saling memberikan salam satu sama lain terlebih dahulu, iya kan? Hehe.
Mari berhenti sejenak dari kegiatan kita dan membaca artikel saya kali ini, tapi jangan terlalu serius juga ya, hehe.
Artikel saya ini adalah artikel yang sederhana tapi saya harap dapat membantu teman-teman semua mengenal lebih dalam dan secara rinci tentang @wifi.id.
Oh Oke, sebelum itu, saya senang memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, karena pepatah berkata, " Bila tak kenal, maka tak sayang ", hehe.
Nama saya adalah Temytius, singkat padat dan jelas. Saya adalah salah satu siswa yang menempuh pendidikan di SMKN 3 Palangka Raya dan saya berjalan menempuh jurusan di bidang TKJ, saya masih Kelas XI (Sebelas). Okee, gtu aja perkenalannya, jangan panjang-panjang.

Kali ini saya sebagai salah seorang peserta lomba membuat artikel tentang @wifi.id ingin mengajak kalian semua untuk mengetahui lebih dalam tentang @wifi.id, ya tentu lebih mendasarnya yaitu membahas tentang @wifi.id Bagi Dunia Pendidikan.
Sebelum kita pelajari lebih dalam, mari kita mengenal dulu apa itu wifi.
Tentu bagi kita semua yang telah mengenal istilah internet, jaringan, komputer dan sebagainya telah mengerti makna dari kata “ wifi “, tapi bagaimana dengan orang awam yang jarang sekali menyentuh komputer atau bahkan tidak pernah sama sekali?
 
Berdasarkan pengalaman saya dan cerita-cerita yang pernah saya dengar dari teman, guru, ataupun kerabat-kerabat saya ada orang-orang tertentu yang bahkan untuk menyalakan komputerpun tidak bisa dan takut untuk menggerakan mouse, apalagi banyak anak-anak Indonesia yang masih tinggal di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh listrik dan internet sama sekali, jadi bagaimana tidak, hal ini pasti  akan menyusahkan bagi mereka jika kita langsung membicarakan bagaimana cara menggunakannya.
Berhubungan kita sedang membahas artikel tentang @wifi.id untuk dunia pendidikan, kita seharusnya memikirkan bagaimana nasib mereka yang tidak tahu sama sekali dan bahkan tidak pernah mendengar kabar tentang @wifi.id, jadi saya lebih suka menjelaskannya terlebih dahulu. Mungkin bisa jadi, jika di tempat-tempat terpencil suatu saat nanti akan terjangkau oleh listrik dan jaringan internet, dan jika MUNGKIN ada salah satu anak Indonesia dari daerah terpencil tersebut yang sudah belajar tentang Komputer (IT) dan jaringan internet membuka artikel saya ini, saya rasa mereka akan senang ada yang mengingat dan meperdulikan mereka, dan saya juga bisa merasa bangga menjadi salah satu orang yang memperdulikan mereka tersebut.

Jadi , Wifi  (Wireless Fidelity) merupakan teknologi wireless(jaringan tanpa kabel) yang populer digunakan untuk menghubungkan antar komputer, smartphone, laptop dan perangkat lainnya, serta menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN.
Wifi terhubung dari satu komputer ke suatu jaringan atau sebuah titik akses penyedia wifi tersebut atau yang sering disebut dengan HotSpot.

Bagaimana wifi ini bisa terhubung ke internet? Sebuah alat Wi-Fi dapat terhubung ke Internet ketika kita berada dalam jangkauan yang terhubung ke HotSpot itu dan mulai berhubungan dengan titik akses atau Hotspot sehingga kita bisa menggunakan hubungan tersebut untuk masuk ke akses internet.
Nah secara singkatnya, itulah wifi. Mari masuk ke pokok bahasannya.

 @wifi.id ( Indonesia Wifi )
@wifi.id adalah layanan public internet berbasis teknologi WiFi/Hotspot yang disediakan  oleh TELKOMGroup atau operator yang bekerjasama dengan PT. TELKOM.
Dengan dukungan infrastruktur jaringan PT. TELKOM, jaringan @wifi.id akan tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia. Seperti yang sudah saya tulis di awal tadi, penggunaan dan penyebaran ini akan meluas ke suluruh bagian terpencil  yang ada di Indonesia pada suatu hari nanti tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh listrik dan jaringan internet, mudah-mudahan akan ada saatnya mereka juga akan menikmati kenyaman yang telah disediakan oleh @wifi.id ini.

Saat ini ada tersedia 5 layanan yang disediakan oleh @wifi.id, yaitu :
1. @wifi.id 
2. free@wifi.id
3. Flexi Zone
4. Flash Zone
5. Flashzone-seamless
Dan, yang biasa sering saya gunakan disekolah adalah yang pertama yaitu @wifi.id, dan jika saya sedang berada di area Telkom, saya gunakan FlashZone.

Saya senang untuk membahas tentang cara Login yang saya biasa gunakan untuk masuk ke dalam Speedy Instan (SPIN) melalui @wifi.id.
Karena pada waktu itu, saat pengenalan kepada kami tentang fitur-fitur dari @wifi.id, kami diperkenalkan dengan sebuah fitur yang masuk ke dalam kategori @wifi.id yaitu Speedy Instan (SPIN). Kami diberitahukan secara jelas oleh bapak Setyo dari pihak Telkom Palangka Raya bagaimana cara untuk masuk menggunakan username dan password yang tersedia di Speedy Instan Card.

Apa itu Speedy Instan dan Speedy Instan Card? Speedy Instan yaitu salah satu fitur layanan yang ada dalam @wifi.id, dari nama fitur ini pun secara umum kita bisa melihat bahwa maknanya adalah kita dapat dengan mudah masuk, tanpa banyak proses, secara instan hanya dengan cara memasukan username dan password yang ada pada Speedy Instan Card, jadi Speedy Instan Card adalah voucher atau kartu yang dikeluarkan oleh pihak Telkom yang berisi Username dan Password.
Telkom telah mengeluarkan sebuah kartu atau voucher yang berisi sebuah username dan password yang dapat digunakan untuk login kedalam Speedy Instan (SPIN) Speedy Instan ini juga termasuk dalam salah satu pilihan yang ada pada @wifi.id.

Baik, langsung saja, ini ada beberapa langkah yang saya berikan untuk dapat surfing di internet dengan cara login ke dalam Speedy Instan (SPIN).
Langkah yang saya beritahukan ini bagaimana cara kita login jika mneggunakan komputer ataupun laptop.
Pertama, pada menu taksbar dibawah, kita klik pada tanda jaringan, lalu kita dapat melihat disitu @wifi.id, ingat ya, itu hanya jika kita masih berada di dalam jangkauan dari jaringan @wifi.id, setelah itu, kita konekan komputer atau laptop dengan cara klik, lalu pilih connect, tunggulah beberapa saat.
Setelah sudah terlihat tulisan connected, coba teman buka Mozilla Firefoxnya teman atau Chorme atau apalah yang sobat gunakan sebagai browser teman, nah setelah Mozillanya dibuka, cobalah ketikan sembarangan di kotak pencarian yang ada di kanan atas pada Mozilla, contoh : " Saya anak Indonesia ", teman pasti akan secara otomatis terbawa ke menu awal atau halaman rumah dari @wifi.id, seperti gambar dibawah ini adalah halaman utama @wifi.id.


Oke, seperti gambar yang saya sudah sediakan dibawah ini, cobalah teman sekalian klik pada menu “ pilih akses “ drop down (lihat gambar) lalu cobalah teman pilih yang seperti ada di gambar, yaitu Speedy Instan (SPIN) setelah teman sekalian meng-klik itu, secara otomatis teman akan dibawa ke menu berikutnya.



Gambar dibawah ini, adalah menu selanjutnya, kita dapat melihat kolom Username dan Password, pada username dan password tersebut, teman sekalian masukan username dan password yang ada pada Voucher tadi.


Oh iya, saya lupa menunjukan bentuk visual dari voucher tersebut, hehe. Sebenarnya saya tidak benar-benar lupa untuk menunjukannya di awal tadi, tapi saya memang sengaja untuk menjelaskan dan memperlihatkan voucher tersebut di bagian ini, nah bentuknya seperti yang ada dibawah ini,
kita dapat melihat disitu ada 2 bagian yang terlindungi dengan pelindung kode seperti yang ada di voucher pulsa biasanya yaitu username dan password untuk kita login tadi, gososklah pelindung kode tersebut dengan koin atau kuku aja, hehe lebih simpel. Setelah digosokan, seperti gambar dibawah ini, sebenarnya ini bukan gambar laptop dan voucher saya, ini laptop orang dan voucher milik orang, cuman saya ambil dari Google, soalnya ada kendala sedikit saat hendak memakai laptop saya sendiri sebagai contoh gambar, hehe.

Seperti gambar di atas cobalah teman sekalian lihat dan masukan username dan password yang tertera disitu kedalam kolom username dan password yang ada di kolom menu Speedy Instan tadi, masukan yang bener ya, jangan sampai salah angka, karena walau hanya salah satu angkapun teman sekalian tidak akan bisa login, nah jika sudah benar cobalah klik Login, dan jika benar maka teman telah berhasil login dan akan dibawa otomatis ke menu seperti dibawah ini,
bagian yang telah saya kasih kotak merah itu menandakan bahwa teman sudah berada di dalamnya, dan jika ingin keluar teman sekalian hanya perlu meng-klik tombol LOGOUT yang ada disitu. Mudah kan? Hehe, setelah login teman bebas untuk surfing di laut internet, hehe tapi jangan sampai diving ya.
Oh iya, saya juga mau mengatakan bahwa masa waktu voucher ini berlaku hanya dalam durasi 24 jam atau satu hari.
Dan jika sudah habis, teman sekalian hanya tinggal beli, murah meriah sangat harga voucher ini, mengapa saya berkata demikian? Karena harganya cuman Rp5.000,- saya yakin uang saku teman sekalian lebih besar dari itu, hehe. Bukan hal yang merugikan bukan, hanya dengan Rp.5.000,- teman sekalian bisa dengan bebas internet seharian tanpa ada halangan, terkecuali kalau disuruh ibu, internetannya di tunda dulu ya, hehe.
Begitulah cara login ke dalam fitur Speedy Instan (SPIN) yang termasuk dalam @wifi.id.

Selanjutnya, saya senang akan membahas tentang IndiSchool.
Namun, saya akan senang memberitahukan dahulu di awal, secara pribadi sayapun belum terlalu tahu dan mengenal apa itu Indischool, karena saya belum pernah diperkenalkan dengan Fitur yang satu ini, jadi setelah saya surfing di beberapa situs luar (Maksudnya bukan situs resmi) dan situs-situs dari telkom saya menemukan beberapa informasi.
Dan saya akan menjelaskan tentang fitur ini secara umum saja.
Apa itu IndiSchool? Seperti gambar diatas, IndiSchool adalah kependekan dari Indonesia Digital School, Program TELKOM Indonesia untuk Indonesia Cerdas, yang dilakukan dengan Pemberian internet wifi gratis, untuk mengakses konten edukasi bagi komunitas pendidikan di zona edukasi, Layanan IndiSchool, merupakan layanan akses internet wifi di lokasi zona edukasi, sebagai bagian dari layanan Indonesia wifi atau dikenal @wifi.id
Program ini disesuaikan untuk mendapatkan akses Internet cepat dan murah. Khusus anak sekolah dan guru, Telkom menyediakan voucher harian dan bulan dengan harga mulai dari 1.000 rupiah. 
 Lewat akses Internet cepat, pengajaran jarak jauh bisa berjalan efektif dan interaktif. Telkom berupaya memperluas pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghasilkan kegiatan pendidikan berkualitas.


Pada tahap awal, Telkom memberi akses Internet dengan kecepatan 1Mbps untuk digunakan guru dan murid mengakses konten edukasi seperti Portal Rumah Belajar atau TV Edukasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Layanan ini dapat juga dilengkapi dengan adanya Welcome Page Sekolah yang content di dalamnya dapat disesuaikan di setiap sekolah.
Nah, secara umum itulah penjelasan tentang Indischool.

Nah, bagaimana kita kembali ke topik intinya? Yaitu @wifi.id Bagi Dunia Pendidikan.
Maka munculah pertanyaan, Bagaimana @wifi.id Membantu Kita Sebagai Pelajar Agar Dapat Menjadi Lebih Baik? Jawabannya, yaitu PT. TELKOM telah menyediakan bagi kita fitur-fitur fasilitas layanan yang sudah sangat membantu, salah satu contohnya adalah seperti yang baru saja saya bahas, yaitu @wifi.id Speedy Instan (SPIN) dan Indischool. Dua layanan inipun sudah cukup membantu, dengan fasilitas yang disediakan ini kita dapat dengan mudah mencari berbagai informasi di internet, sehubungan dengan pelajaran dan tugas-tugas sekolah.

Dan dengan harga yang sangat terjangkau ini kita dapat dimudahkan, coba teman sekalian bayangkan, dibandingkan dengan kita mengeluarkan uang untuk ke warnet, yaitu seperti tarif yang ada sekarang, biaya sewa untuk warnet adalah Rp5.000/2 jam, Rp5.000,- HANYA untuk 2 jam, pasti kurangkan apabila kita mencari sumber-sumber informasi dan hal-hal lainnya, itupun jikalau kita benar-benar berfokus pada hal itu, nah bagaimana jika kita pada saat di warnet membuka hal-hal lain, seperti Facebook, Twitter, Youtube dan situs-situs pengalih perhatian lainnya? Karena terkadang saat sudah berada di warnet, tujuan utama kita yang sebenarnya adalah untuk mencari informasi-informasi yang kita perlukan teralihkan dan melenceng ke hal-hal yang lain, saya mengatakan itu karena itu adalah pengalaman saya dan saya juga yakin kebanyakan dari teman juga mengalami hal tersebut. Kembali lagi ke Speedy Instan tadi, bukan berarti saya menyarankan menggunakan Speedy Instan ini untuk situs-situs pengalih perhatian tersebut, saya hanya memikirkan jikalau teman sekalian hendak membuka situs-situs tersebut, teman sekalian memiliki banyak waktu setelah mencari informasi-informasi yang teman perlukan dan dapat menggunakan waktu tersebut untuk beralih ke situs-situs tadi dan dalam hal ini juga, tergantung keluangan waktu teman sekalian juga, kita sebagai pelajar sebaiknyalah menggunakan waktu dengan bijaksana, karena kita juga perlu menggunakan waktu kita untuk membantu orang tua dan pekerjaan lainnya.

Nah, Bagaimana Bila Voucher Telah Habis Masa Aktifnya? Woo, tenang .... Teman sekalian hanya tinggal membeli lagi voucher Speedy Instannya di Outlet-outlet atau kantor Telkom terdekat di daerah atau kawasan tempat tinggal teman-teman sekalian.
Saya mengutip sedikit lagi tentang judul artikel saya, yaitu @wifi.id Konektifitasku yang Handal, menurut teman-teman sekalian, mengapa saya membuat kata-kata tersebut sebagai judul artikel saya? Karena @wifi.id memang handal dan sangat membantu, saya bisa mengatakan hal ini karena, pada saat pertama kali saya menggunakannya, kecepatan Downloadnya sangat bisa dibilang cukup tinggi...
Bagaimana bisa tidak jika seperti contoh-contoh gambar yang saya screenshoot dibawah ini :

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Sebenarnya, kecepatan rata-ratanya adalah 1,2Mbps, karena saya tidak memiliki Screenshhotnya, jadi saya pakai Screenshoot yang ada saja, maaf jangan diperhatikan BGnya ya, hehe. Perhatikan ada IDM dan kecepatan Downloadnya, oke.
Dan intinya, layanan dari PT.TELKOM ini seperti @wifi.id sangat handal dan dapat diandalakan serta sangat membantu bagi kita semua, terutama kita para pelajar Indonesia dalam hal pendidikan.
Dan juga seperti Indischool tadi, pasti ini adalah hal baru yang sangat membantu bagi kita semua, walaupun saya juga belum terlalu mengenal Indishool, saya harap nanti ataupun dalam waktu dekat ini, saya dapat mengenal Indischool dan dapat menggunakannya juga.
Dua layanan sangat membantu dan sangat terjangkau bagi para pelajar Indonesia. Terima kasih Telkom, termika kasih @wifi.id.

Maju terus @wifi.id, tembuslah sampai ke bagian-bagian terpencil yang ada di Indonesia, buatlah seluruh pelajar Indonesia diluar sana dapat merasakan apa yang sudah kita rasakan dan nikmati sekarang dengan adanya layanan-layanan internet bagi anak-anak pelajar Indonesia.

Demikianlah artikel dari saya, artikel ini saya tulis untuk mengikuti Lomba menulis artikel dari Komunitas Blogger Palangka Raya yang diselanggarakan oleh Telkom Kalimantan Tengah.
Sumber dan Gambar dan Referensi lainnya dalam artikel ini saya peroleh dari beberapa situs dan ada gambar yang saya buat dan edit sendiri.
Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan.
Terima Kasih.











Original Post.
Written By Temy Yakazunari
Facebook CommentsShowHide

4 komentar

:d Terima kasih bro

Balas

nice post gan
happy blogging ya
kunjungi balik
mohon like atau komentar
komentar jelek juga gak apa-apa

wifi-indonesia.blogspot.com/2013/11/wifiid-apaan-tuh-apa-sih-manfaat-nya.html

Balas

Oke bro. Kinjungan baliknya sudah bro (o)

Balas