Pengertian dan Penjelasan Jaringan LAN

Okee Sobat .
Sekali lagi bertemu , Sebenarnya belum ada cukup waktu untuk menulis Artikel baru , tapi karena ini Tugas sekolah dan Menjadi tuntutan , jadi ya harus di kerjakan .

Oke Langsung saja , Nahh Bagi sobat yang adalah siswa SMK dan Jurusan yang sama seperti saya , yaitu TKJ , kali ini saya memiliki beberapa Informasi tentang Jaringan LAN , mungkin dapat membantu sebat semua :)
                                   

Saya yakin , bagi sobat yang membaca artikel ini , pasti sudah mempelajari tentang Jaringan LAN , karena Jaringan LAN sudah di pelajari secara singkat di Sekolah Menengah , Baik langsung To The Point .


Sebelum kita mengetahui apa itu Jaringan LAN , alangkah baiknya kite mengingat dahulu apa itu kepanjangan dari LAN , LAN adalah Singkatan dari " Local Area Network " . Nahh sekarang berdasarkan nama kita tentu tahu bahwa Local adalah berarti setempat atau lingkungan sekitar , jadi Local Area Network adalah suatu jaringan yang hanya mencakup satu daerah atau lokasi saja , misalnya satu wilayah perkantoran , Sekolah , Kampus , Rumah Sakit , Restoran Dll .

Biasanya jaringan LAN sering di gunakan di Kantor atau Instansi perusahaan , hal ini dilakukan untuk mempermudah pertukaran data antara masing - masing anggota yang bekerja di kantor tersebut .
dan Beberapa keuntungan jaringan LAN adalah :
* Penggunaaan Printer dapat dilakukan semua user yang terhubung dengan LAN tersebut
* Proses Back up data menjadi lebih Mudah
* File Out dan File In lebih terkendali , dan
* Komunikasi antar user dapat lebihh mudah
Ada 2 Jenis Jaringan LAN , yaitu :
1. Jaringan LAN Nirkabel , dan
2. Jaringan LAN Kabel .
Untuk Lebih tau , mari kita Bahas tentang Jaringan LAN yang Nirkabel , Jaringan LAN Nirkabel adalah  suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.  Nah jika sobat belum tau apa itu Wireless , Wireless adalah suatu Jaringan yang menggunakan Sinyal atau Inframerah yang Di keluarkan oleh satu Pemancar yang ada dalam alat elektronik dan di tanggkap oleh media Elektronik lainnya yang terhubung .
Kekurangan dari Jaringan LAN Nirkabel ini adalah kurangnya Keamanaan .
Sedangkan Jaringan LAN kabel adalah jaringan LAN yang menggunakan Kabel atau dengan kata lain satu Komputer dengan Komputer lainnya terhubung dengan menggunakan Kabel , biasanya Jaringan LAN yang menggunakan Kabel ini Lebih banyak di gunakan di Kantor - kantor .

Nah Sobat , jika Sahabat , teman , keluarga atau sanak saudara Sobat ingin membuat jaringan LAN , yang perlu di perhatikan adalah Topologi Jaringan LAN .
Ada 8 jenis Topologi Jaringan , yaitu :
1. Topologi Daisy Chain
2. Topologi Hybrid
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Ring atau Circular
6. Topologi Star
7. Topologi Bus
8. Topologi Point to Point

Ada beberapa Jenis Kabel Jaringan LAN , yaitu :
1 . Kabel Coaxial

Yaitu kabel yang biasa digunakan untuk topologi Bus , tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial. 

Berikut adalah Protokol Ethernet LAN yang dikembangkan menggunakan kabel coaxial: 10Base5 / Kabel “Thicknet” :
adalah sebuah kabel coaxial RG/U-8.
merupakan kabel “original” Ethernet.
tidak digunakan lagi untuk LAN modern.10Base2 / Kabel “Thinnet”:
adalah sebuah kabel coaxial RG/U-58.
mempunyai diameter yang lebih kecil dari “Thicknet”.
menggantikan “Thicknet”.
tidak direkomendasikan lagi, tetapi masih digunakan pada jaringan LAN yang sangat kecil.
 

2. Kabel Unshielded Pair

Biasanya di gunakan untuk LAN berbasis sistem telepon . 
Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45.


3. Kabel Shielded Twisted Pair


Adalah Beberapa Jenis Kabel yang digunakan untuk beberapa Bisnis Instalasi .Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”).Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.

4. Kabel Fiber Optik
 




Jenis kabel ini adalah salah satu teknologi kabel terbaru , terbuat dari glass optik .
Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.
Beberapa Kelebihan Kabel ini adalah Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer).

Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.
 

Source : Wikipedia , Google Images , dan beberapa Situs Lainnya .

Sekian Dulu sobat , Artikel dari saya .
Semoga Bermanfaat .

Artikel Ini Di tulis Asli oleh Saya .
Jika ingin Meng Copy Artikel ini , mohon Hargai Pembuatnya dengan menyertakan Source dan Sumbernya .
Terima Kasih.
Facebook CommentsShowHide

1 komentar:

Misi gan, izin share ya...

ADSL Modem Router Wireless D-Link 2700E - 1Port
Price Rp 239.000

Detail Spesification :

The ADSL2+ Modem with Wireless N300. WPA™/WPA2™ and WEP data encryption methods. firewall security,SPI. For Quality of Service (QoS), the router prioritizes traffic. ompatible with existing 802.11b and 802.11g wireless equipment.

Pusat Belanja Komputer

Terimakasih :)

Balas