Kandungan Teh Dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Teh, selain dapat memberikan kesegaran kepada tubuh, ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Minuman berwarna coklat ini biasa untuk menjamu tamu ataupun dalam untuk minuman acara-acara rapat , pertemuan ataupun acara lainnya. Minuman yang sudah dikenal seluruh dunia ini, aromanya harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumsi banyak orang bahkan banyak Franchise Teh yang menyajikan teh dalam berbagai macam kemasan yang menarik.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan di Jepang dan Rusia ada beberapa nilai nutrisi dan manfaat yang dapat diperoleh dari teh terutama teh hijau dan teh hitam.Karena daun teh mengandung beberapa zat kimia yang dapat digolongkan menjadi 4 . Keempat golongan itu adalah : substansi fenol (katekin, flanavol), bukan fenol (karbohidrat, pektin, alkaloid, protein,asam amino, klorofil, asam organik), senyawa aromatis, dan enzim.Secara rinciannya kandungan tersebut yaitu
1. Zat yang tidak larut dalam air yaitu Protein (16%), Lemak (8%), Klorofil dan pigmen lain (1,5%), pektin (4%), Pati (0,5 %), serat kasar,selulosa, lignin, dll (22%).
2. Zat yang larut dalam air yaitu polifenol yang dapat difermentasi (20%), polifenol lain (10%), kafein (theine)(4%)
Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI tahun 981, dalam 100 graam daun teh terkandung bahan-bahan antara lain kalori 132, lemak 0,7 g, kasium 717 mg, besi 11,8mg, vitamin B 0,01 mg, air 7,6 g, protein 19,5 g, karbohidrat 67,8 g, fosfor 265 mg, Vitamin A 2.095 SI, Vitamin C 300 mg.
Adapun beberapa manfaat teh antara lain:
1. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan, maupun menekan tumbuh nya sel kanker ataupun tumor
Unsur Catechin (salah satu unsur dalam polyfenols), telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Demikian juga Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan Jantung
Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung. Mengapa demikian?
Vitamin C yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam darah berperan membantu kesehatan jantung dan diperlukan juga untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit. Disamping itu teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU untuk 1 cangkir teh, yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

3. Memperkuat gigi dan mencegah karies pada gigi
Kandungan flour dalm teh bisa membantu pertumbuhan gigi pada anak-anak. Selain itu unsur flour memiliki fungsi meningkatkan daya tahan gigi terhadap asam karena flourida dapat mengurangi difusi asam pada email gigi.

4. Mengurangi gangguan kekejangan yang sering terjadi pada anak-anak dan epilepsi. Menurut hasil penelitian, gangguan kekejangan pada anak ataupun epilepsi disebabkan karena rendahnya kandungan mangan dalam darah. Kandungan mangan dalam teh kental ternyata sudah cukup optimal untuk menormalisasikan kadar mangan dalam darah.

5. Kalau dicampur dengan ekstrak tempuyung dapat untuk obat penyakit batu ginjal. Campuran tersebut sering dinamakan teh Cibinong. Ekstrak tempuyung kalau ditambahkan dalam teh, ternyata mampu mengubah tekanan permukaan cairan yang rendah pada ginjal menjadi tinggi. Ini mengakibatkan pembentukan kristal atu batu ginjal menjadi terhalang. Bahkan batu ginjal yang telah terbentuk dapat dihancurkan oleh teh ini sehingga dapat keluar bersama air seni. Khasiat tersebut disebabkan tempuyungmengandung kalium dan mannite.

6. Kalau dicampur dengan daun wungu dapat untuk melancarkan keluarnya tinja maupun buang air. Karena memperlancar buang air, berarti membantu melangsingkan tubuh. Selain itu campuran kedua bahan tersebut dapat mengatasi gangguan wasir atau pemekaran pembuluh darah dubur yang terasa panas dan pedih.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar